10 Cara Rahasia untuk Mencari Informasi di Google yang 96% Orang Tidak Mengetahuinya

Di zaman dengan teknologi canggih dan koneksi Internet berkecepatan tinggi, Anda dapat menemukan informasi tentang hampir apa pun. Dalam waktu hanya beberapa menit, kita dapat menemukan resep untuk kue dengan rasa paling enak atau mempelajari semua teori tentang dualisme gelombang – partikel.

Tetapi , kita harus menyaring melalui prosedur yang ribet untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan, dan ini dapat mengambil waktu ber jam-jam. Inilah sebabnya kali ini penggagas telah mengumpulkan cara rahasia, metode yang paling efektif untuk mencari Google untuk membantu Anda menemukan bahan berharga hanya dalam beberapa klik.

1. Baik Ini atau Itu

 Kadang-kadang kita tidak yakin bahwa kita sudah benar mengingat informasi atau nama ketika kita perlu untuk memulai pencarian kami. Tapi ini tidak ada masalah! Hanyamenempatkan dalam beberapa potensi variasi pada apa yang Anda sedang cari, dan memisahkan mereka dengan mengetik “|” simbol. Selain simbol ini Anda juga dapat menggunakan “atau.” Maka dengan itu cukup mudah untuk memilih hasil yang paling masuk akal.

 

Contoh pencarian 1 (Brightside)

2. Mencari Menggunakan Sinonim

Bahasa itu kaya akan sinonim. Kadang-kadang hal ini membuat kita sangat nyaman ketika melakukan riset online. Jika Anda perlu untuk menemukan website pada suatu subjek daripada mereka yang termasuk suatu frase tertentu, tambahkan “~” simbol untuk pencarian Anda.
Misalnya, jika Anda mencari istilah “sehat ~ makanan” Anda akan mendapatkan hasil tentang prinsip-prinsip makan sehat, memasak resep, serta pilihan tempat makan yang sehat.

 

Contoh Pencarian 2 (Brightside)

3. Mencari di dalam Situs Web

Kadang-kadang Anda membaca sebuah artikel menarik di situs web dan menemukan diri Anda kemudian ingin berbagi dengan teman-teman Anda atau hanya membacanya. Cara termudah untuk menemukan sepotong informasi lagi yang diinginkan adalah untuk mencari dalam situs web. Untuk melakukannya, ketik alamat situs, maka kata kunci atau frase yang seluruh dari artikel, dan itu akan segera muncul.

 

Contoh Pencarian 3 (Brightside)

4. Kekuatan Tanda Bintang

Ketika memori terbatas kita memutuskan untuk mencegah kita dari mengingat satu kata kunci, frase, atau nomor yang kita butuhkan untuk menemukan apa yang kamu mencari, Anda bisa mengubah nya dalam bentuk simbol “*”. Hanya menggunakan ini tempat Anda tidak dapat mengingat kata/frase, dan Anda harus dapat menemukan hasil yang Anda cari.

Contoh Pencarian 4 (BrightSide)

 

5. Ketika Banyak Kata-kata Hilang

  Jika setengah atau lebih dari kata pada kalimat Anda tidak dapat diingat untuk menemukan satu kata kunci, mencoba menulis kata-kata pertama dan terakhir dan menempatkan”AROUND + (perkiraan jumlah kata-kata yang hilang)” antara mereka. Misalnya, “Aku berjalan AROUND(4) awan.”
Contoh Pencarian 5 (Brightside)

6. Menggunakan Kerangka Waktu

Kadang-kadang kita sangat membutuhkan sesuatu untuk memperkenalkan diri dengan peristiwa yang sudah terjadi selama jangka waktu tertentu. Untuk melakukannya, Anda dapatmenambahkan kerangka waktu dengan kueri penelusuran Anda dengan bantuan tiga titik-titik antara tanggal. Sebagai contoh, jika kita ingin mencari tahu tentang penemuan-penemuan ilmiah abad ke-20, kita dapat menulis:

Contoh Pencarian 6 (Brightside)

 

7. Cari Judul atau URL

Untuk membantu menemukan kata kunci dan nama artikel, ketik “intitle:” sebelum istilah pencarian, tanpa spasi antara mereka. Untuk menemukan kata-kata dari URL,menggunakan “inurl:”.

 

Cara pencarian 7 (Brightside)

8. Menemukan Website Sejenis

Jika Anda ingin menemukan sesuatu yang benar-benar dicari seperti konten tertentu dan ingin menemukan website sejenis, ketik “related:” dan kemudian alamat situs, sekali lagi tanpa spasi di antara mereka.

Cara Pencarian 8 (Brightside)

9. Seluruh Frase

Membingkai istilah pencarian tanda kutip adalah cara paling sederhana dan paling efektif untuk mencari sesuatu tertentu dan dalam urutan yang tepat ketika mengetik.

Misalnya, jika Anda mengetik dalam kata-kata I’m picking up good vibrations tanpa tanda kutip, mesin pencari akan menampilkan hasil mana kata-kata ini muncul dalam urutan apapun pada sebuah situs web, sebagai lawan dari urutan tertentu dimana Anda mengetiknya.

Jika, di sisi lain, Anda mengetik “I’m picking up good vibrations” dalam tanda kutip, Anda akan mendapatkan hanya hasil tersebut mana kata-kata ini muncul hanyadalam urutan yang Anda mengetik mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan lirik lagu ketika Anda hanya tahu satu baris dari itu.

 

Cara Pencarian 9 (Brightside)

10. Kata-kata Pencarian Tidak Penting

Untuk menghapus kata-kata pencarian yang penting dari kueri Anda, cukup menulissimbol minus sebelum masing-masing. Misalnya, jika Anda ingin menemukan sebuah situs tentang buku-buku menarik, tetapi Anda tidak ingin membelinya, Anda dapat menulis berikut:

 

Cara Pencarian 10 (Brightside)

 

Referensi: https://brightside.me/wonder-curiosities/10-ways-to-search-google-for-information-that-96-of-people-dont-know-about-256760/

Fajar Budi Laksono

Pelajar di Pukyong National University. Suka bermain game dan menggambar.