7 Benda Fenomenal Hasil Printer 3D

Teknologi Printer 3D revolusioner memungkinkan kita dapat mencetak segala macam benda yang bisa kita modelkan di komputer. Mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Jika kita telah memahami prosesnya, kita dapat dengan mudah mengaplikasikannya. Proses 3D printing membutuhkan tiga tahap, yaitu pemodelan dengan software CAD, membuat model menjadi perintah bahasa mesin dan terakhir melakukan perintah kepada mesin untuk melakukan pencetakan. Berikut 7 benda unik hasil printer 3D

1. Benda fenomenal hasil printer 3D – Medical Orthopedic Cast

 Benda fenomenal hasil printer 3D - Medical Orthopedic Cast
Alat penyangga tulang retak dan patah tulang yang dibuat dari teknologi printer 3D

Printer 3D mampu membuat Medical Orthopedic Cast, yaitu sebuah penyangga untuk membantu memperbaiki patah tulang. Dimasa depan alat ini akan menjadi gips ortopedi. Gips ini lebih fleksible dan lebih presisi dalam menyangga, sehingga pemulihan patah tulang lebih sempurna

2. Benda fenomenal hasil printer 3D – Bionic Ear

 Benda fenomenal hasil printer 3D - Bionic Ear
Alat pendeteksi gelombang menyerupai telinga (bionik ear) yang dibuat dengan printer 3D

Penelitian dari Universitas Princeton mengenai eksplorasi printer 3D untuk sel dan partikel nano menghasilkan temuan baru. Temuan itu adalah telinga buatan yang disematkan sensor khusus. Alat ini bernama Bionik Earn. Bionik Ear dibuat dengan teknologi printer 3D. Bionik Ear mampu menangkap bunyi dari berbagai frekuensi suara, jauh melebihi kemampuan telinga manusia pada umumnya.

3. Benda fenomenal hasil printer 3D – Replica Hearts

Benda fenomenal hasil printer 3D - Replica Hearts
Replika organ hati manusia dengan menggunakan printer 3D

Dunia kedokteran selalu melakukan terobosan baru dalam upaya penciptaan teknologi yang menunjang kesehatan dan keselamatan nyawa pasien. Laura Olivieni, seorang ahli jantung dari Medical Center Washington DC menghabiskan dana $250.000 untuk mewujudkan ide penelitiannya. Laura membuat replika organ dalam pasien menggunakan 3D printer. Ide ini sangat brilian, dimana organ yang bermasalah dari pasien discan kemudian direplika dengan printer 3D. Hasil replika tersebut dugunakan sebagai media untuk operasi kering. Replika ini memungkinkan daokter bedah menganalisa lebih akurat bagaimana jalur bedah yang paling efisien. Disisi lain setiap kasus operasi langka dapat didokumentasikan dan digunakan dalam simulasi pembelajaran dokter bedah muda.

4. Benda fenomenal hasil printer 3D – Robchard

Benda fenomenal hasil printer 3D - Robchard
Jari buatan yang dibuat dengan teknologi printer 3D

Richard Van As, seorang tukang kayu Afrika Selatan , merakit sebuah Robohand yang digunakan oleh Liam Dippenaar. Liam lahir tanpa jari di tangan kanannya. Makerbot memberikan mereka dengan teknologi cetak 3D yang mereka digunakan untuk mencetak bagian untuk Robohand. Teknologi printer 3D mampu membuatkan jari tiruan secara presisi untuk Lian agar dia dapat melakukan berbagai aktivitas seprti orang normal lainnya.

5. Benda fenomenal hasil printer 3D – Transplantasi Organ

 Benda fenomenal hasil printer 3D - Transplantasi Organ
Ginjal buatan yang dibuat dari printer 3D

Ahli bedah Dr Anthony Atala melakukan penelitian tentang pembuatan ginjal tiruan dengan printer 3D. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sel hidup. Sehingga hasil printer 3D ini bisa digunakan untuk transpalansi organ manusia. Penelitian idi diperkenalkan melalui TEDx. Hasil penelitian Dr. anthony ini akan menjadi solusi donor organ dalam berbagai kasus operasi organ dalam, misalnya cangkok ginjal. Ide ini dapat di realisasikan dengan teknologi 3D printer.

6. Benda fenomenal hasil printer 3D – Animated Character

Benda fenomenal hasil printer 3D - Animated Character
Karakter animasi kini bisa dibuar replika menggunakan teknologi printer 3D

Printer 3D memudahkan semua creator dan industri untuk dapat memproduksi segala macam karakter. Proses pencetakan ini berawal dari pembuatan 3D model menggunakan software CAD 3D modeling, kemudian dicetak dengan printer 3D. Hasil cetakan kan mempunyai presisi tinggi dan menyerupai aslinya.

7. Benda fenomenal hasil printer 3D – 3D printed Car

 Benda fenomenal hasil printer 3D - 3D printed Car
Mobil pertama di dunia yang dibuat dengan teknologi 3D printer

Local motor yang diberi pendanaan besar oleh general electric membuat modifikasi printer 3D . Printer 3D ini dibuat dengan ukuran besar. Localmotocs, perusahaan yang bermarkas di amerika ini membuat mobil pertama didunia yang dibuat dengan printer 3D. Printer ini selain dapat mencetak material plastik, juga dapat mencetak material logam. Teknik ini dinamakan selektif laser sintering (SLA). Printer 3D akan menjadi revolusi besar di masa depan, karena dengan adanya printer 3D semua orang dapat membangun industrinya dirumah mereka sendiri. Masa depan sudah tidak terpaku produksi massal harus menggunakan pabrik skala besar. Printer 3D menawarkan smart additive manufacturing dengan presisi tinggi, dan cost yang lebih murah. Semoga artikel ini bermanfaat, dan membantu kamu menggagas ide baru.

Sumber: A revolution Called 3D Printing, by Ankush Preshant