Hyperloop Telah Mendapat Ijin Operasi, New York Ke Washington DC Akan Ditempuh Hanya Dalam 29 Menit

Elon Musk baru saja mengatakan dia mendapat persetujuan verbal bagi Boring Company untuk membangun terowongan Hyperloop bawah tanah menghubungkan New York dan Washington DC.

Ini disampaikan Musk di akun twitternya Kamis 20 Juli 2017 lalu.

Masih belum jelas siapa yang memberikan persetujuan ini dan bagaimana Musk mendapatkannya. Tapi, dia memberi isyarat dalam tweetnya bahwa dia mendapat “persetujuan verbal dari pemerintah setempat”.

Dia akan membangun Hyperloop yang menghubungkan New York dan Washington DC, dengan empat stasiun yang berada di New York, Philadelphia, Baltimore, dan Washington DC. Hyperloop dapat transit di semua pusat kota tersebut.

Yang hebat adalah bahwa Hyperloop akan menempuh jarak dari New York ke Washington DC dalam 29 menit!

Jarak itu setara dengan jarak bolak-balik Jakarta-Bandung-Jakarta.

Perbandingan waktu Hyperloop dan moda transportasi lainnya dari San Francisco ke Los Angeles (Hyperloop One)

 

Apa itu Hyperloop?

Hyperloop adalah mode transportasi berkecepatan tinggi di dalam tabung atau kapsul. Moda transportasi baru ini dikembangkan dan dipimpin oleh Elon Musk.

Dalam perancangannya, Musk melibatkan insinyur handal dari SpaceX dan Tesla. Proposal pertama dibuat pada tahun 2012, mengklaimnya sebagai “transportasi generasi kelima”.

 

Elon Musk, sang CEO SpaceX, salah satu pendiri Tesla Motors dan sejumlah startup lainnya, telah mengembangkan model transportasi Hyperloop pada tahun 2013.

Adapun kabar bahwa Hyperloop telah mendapatkan ijin operasi ini akan membuka babak baru dalam dunia transportasi di dunia.

Fajrul Falah

Amateur physicist and science writer