Ilmuwan Baru Saja Mengembangkan Laser Paling Tajam di Dunia

Jika anda berpikir kalua semua laser itu sama, anda salah. Nyatanya, laser dibuat dalam beberapa kelas kualitas…

…dapi laser paling tajam baru saja diresmikan oleh tim peneliti internasional. Laser ini memiliki linewidth kecil hanya 10 MHz (0,01 Hz). Percaya saja, itu kecil sekali!

Laser paling tajam (PTB)

Semakin tinggi kualitas laser, semakin kecil ukuran linewidth-nya. Cara lain laser mencapai ‘kualitas’ mereka adalah melalui stabilitas mereka, atau lebih tepatnya bagaimana stabilnya frekuensi cahaya setelah jangka waktu tertentu. Kualitas laser yang lebih tinggi dapat mempertahankan gelombang mereka lebih lama.

Laser paling tajam yang pernah ada

Laser yang dirancang oleh ilmuwan Jerman ini memiliki linewidth 10 MHz dan gelombang cahayanya dapat tetap stabil meski laser telah diperpanjang selama 3,3 juta km atau telah menyala selama sekitar 11 detik. Kira-kira 10 kali jarak antara Bumi dan Bulan.

Laser baru ini sangat maju sehingga hampir tidak mungkin untuk membandingkannya dengan laser sebelumnya.

Untuk membuktikannya, ilmuwan Jerman dari PTB dan sebuah kelompok penelitian AS yang dikenal sebagai JILA, membangun dua laser dan membandingkannya. Pengujian laser membutuhkan kondisi yang benar-benar tepat bebas dari gangguan suhu atau getaran eksternal. Laser baru yang sangat tepat ini memiliki aplikasi di jam atom, spektroskopi presisi, dan astronomi radio.

Laser (Wikimedia)
Laser (Wikimedia)

Laser telah ada sejak yang pertama kali dibangun oleh Theodore H Maiman di Hughes Research Laboratories pada tahun 1960. Sementara laser sekarang digunakan di mana-mana dalam objek sehari-hari: dari laser pointer untuk presentasi sampai untuk mencabut rambut.

Sebenarnya, sulit membayangkan kehidupan sehari-hari tanpa laser, terutama dalam penelitian sains dimana mereka digunakan untuk pengukuran, kalibrasi dan sebagai bagian dari berbagai alat, dari pemotongan hingga pembakaran.

Bell Labs termasuk yang pertama dan mereka mulai mengerjakan cara-cara agar laser bisa memperbaiki sistem telepon. Pada waktu yang sama, Pentagon adalah salah satu pemburu senjata generasi baru. Reeling dari tahun 1957 Sputnik meluncurkan Advanced Research Projects Agency (ARPA, sekarang DARPA) diluncurkan dengan satu-satunya misi untuk menyelesaikan penelitian dengan risiko tinggi dan pengembalian senjata yang tinggi. Dan sementara death-beam yang dijanjikan tidak akan pernah terwujud, laser jelas memainkan peran besar dalam persenjataan modern.

Laser baru ini akan mengubah banyak hal.

Sumber: Interesting Engineering

Fajrul Falah

Sedang belajar fisika di Universitas Diponegoro. Suka membaca dan menulis.