Inspirasi dari Sang Ibu Penyihir, J.K. Rowling dan Perjuangan dibalik Kesuksesan Harry Potter

Siapa yang tidak kenal dengan JK Rowling, salah satu penulis best seller ternama dengan karakter Harry Potter yang sudah mendunia. Mungkin sebagian pembaca juga sudah tahu bagaimana kisah perjuangan seorang Joanne Kathleen Rowling sebelum akhirnya terkenal seperti saat ini. Lahir di Yate, Gloucestershire Utara, Inggris, 31 Juli 50 tahun lalu itu bukan tidak mengenal kata perjuangan, tapi nyatanya dia bisa bangkit dari keterpurukan dan berdiri menjadi salah satu wanita yang mempengaruhi dunia saat ini.

JK-Rowling_1002500c
J.K Rowling dengan Novel Harry Potter and the Deathly Hallows (telegraph)

Berawal dari keterpurukan saat dia harus menjadi seorang single mom setelah bercerai dari suaminya yang seorang wartawan, memiliki seorang anak perempuan dan harus menghidupi anaknya dalam kondisi yang serba kekurangan. Rowling pindah ke Edinburgh dengan anaknya dan mencoba memulai hidup baru. Lulusan Universitas Exeter ini merasa mungkin kemampuan menulisnya bisa menjadi salah satu jalan keluar bagi segala masalahnya saat ini.

Lihat juga: 7 pemikiran albert einstein yang patut menjadi renungan kita

Inspirasi

Inspirasi bisa datang dimana saja, seperti inspirasi tentang seorang anak laki – laki yang memiliki kemampun sihir dan sekolah sihirnya itu tiba – tiba muncul di pikiran Rowling saat melakukan perjalanan kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

“Saya telah menulis hampir tanpa jeda sejak umur enam tahun tapi sebelumnya saya tidak pernah merasa begitu bergairah akan suatu gagasan. Saya hanya duduk dan berpikir, selama empat jam (menunggu keterlambatan kereta api), dan semua detil bermunculan di otak saya, dan anak laki – laki kurus berambut hitam dan berkaca mata yang tidak menyadari bahwa ia adalah seorang penyihir semakin lama semakin nyata bagi saya” J.K. Rowling

Tidak memiliki fasilitas yang memadai bukan menjadi penghalang Rowling dalam menjalankan misinya membentuk dan menciptakan Harry Potter. Rowling menggunakan mesin tik lama dan mengulang mengetik beberapa kali agar bisa disebarluaskan di beberapa publisher. Setelah selesai dengan novel pertamanya apakah jalan Rowling menjadi lebih mulus?

Tidak, perjuangan nya belum berhenti sampai disitu, ditolak oleh 8 penerbit tidak membuat Rowling berhenti mencoba. Penerbit ke 9, Bloomsbury akhirnya menawari Rowling uang muka sebesar 2500 euro untuk menerbitkan novel tersebut. 30 Juni 1997, Harry Potter and The Philosopher’s Stone (seri pertama Harry Potter) diterbitkan di Britania Raya. Dan 1 September 1998, novel ini diterbitkan di Amerika oleh penerbit Scholastic dengan Harry Potter and The Sorcerer’s Stone.

Rowling berhasil menjual novel Harry Potter seri pertama untuk jumlah sebanyak $4000 dan menjadi best seller satu bulan setelah publikasi. Setelah itu keberuntungan selalu datang kepada Rowling, semua buku seri Harry Potter sukses besar begitu pula filmnya. Banyak anak – anak generasi 90an yang merasa ‘tumbuh’ bersama Harry Potter. Begitu pula dengan para pemerannya seperti Daniel Radcliffe, Emma Watson dan Rupert Grint yang tumbuh seiring bermain di film Harry Potter.

Harry-Potter-and-the-Sorcerers-Stone-movie-poster
Harry Potter and the Sorcerers Stone (aretheygold)

Buku seri terakhir Harry Potter : Harry Potter and The Deathly Hallows terbit tahun 2007 dan film terakhir Harry Potter and The Deathly Hallows part 2 release di tahun 2011 membuat kisah Harry Potter lengkap berakhir. Tapi tenang dunia Harry Potter belum benar – benar berakhir, selain film Fantastic Beast and Where to Find Them akan release bulan November tahun ini, Harry Potter and The Curses Child juga akan merelease new play dengan world premiere summer tahun ini di London. Cerita ke 8 dari Harry Potter ini akan muncul dalam 2 part menceritakan kehidupan Harry setelah terakhir kita lihat dia melepas anaknya menuju Hogwarts di platform 9 ¾ King’s Cross Station.

Rowling juga membuat situs Pottermore bagi para penggemar Harry Potter di seluruh dunia. Dengan formula sorting hat yang baru penggemar juga bisa merasakan pengalaman menggunakan sorting hat dan masuk ke asrama Hogwarts sesuai dengan kepribadiannya, fun to try. Serta tentu saja tidak ketinggalan pemilihan tongkat sihir di toko Ollivander yang menentukan tongkat yang akan kita dapat melewati semacam kuis yang menyenangkan. Pottermore juga memuat beberapa berita tentang Harry Potter official dari JK Rowling sendiri. Penasaran? Bisa dibuka pottermore.com.

Pelajaran Apa yang kita Dapat dari J.K. Rowling??

Rowling berhasil merebut tahta penulis terkaya di dunia selama Harry Potter franchise menggema di dunia. Keren bukan? Apakah kita bisa? Tentu saja, jika kita menarik hikmah dari kisah haru Rowling sebelum bisa se sukses ini banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan bisa kita praktekkan dalam kehidupan kita sehari hari, yaitu :

  1. Inisiasi adalah 50% dari perjalanan menuju sukses
road-368719
Inisiasi (mralwayswrite)

Kalau saja Rowling malah terpuruk dalam depresi nya dan tidak pernah berani memulai idenya tentang anak laki – laki berkacamata hitam, mungkin sekarang Rowling masih berada dalam keterpurukan dan dunia tidak akan pernah mengenal Harry Potter. Tapi  dengan tekad yang kua untuk bangkit dan menghidupi anak semata wayang nya, Rowling tidak menyerah dan memulai ceritanya walau hanya menggunakan mesin tik dan harus mengulang mengetik beberapa kali.

Terkadang saat kita ingin memulai sesuatu banyak sekali cobaan atau ujian yang membuat kita ingin rasanya menyerah sebelum sempat memulai. Padahal setelah kita melewati proses “memulai” kita sudah setengah jalan menuju kesuksesan.

  1. Inspirasi bisa datang bahkan dari bagian terburuk dalam hidup kita
3D-Inspiration-Wallpaper-1
Inspirasi (hdwallpapershoot)

Pernah dengar dementor? Makhluk mengerikan penghisap kebahagiaan yang muncul di seri ketiga Harry Potter : Harry Potter and The Prisoner of Azkaban terisnpirasi dari pengalaman depresi Rowling saat nyaris bunuh diri pada saat masa keterpurukannya. Perasaan dingin, gelap dan tanpa harapan membuat Rowling dapat menggambarkan makhluk Dementor.

Jadi saat kita merasa hidup kita ada di ambang keterpurukan, di masa – masa tersulit kita, jangan hanya selalu dilihat dari sisi negative. Ambil pelajaran dari semua itu dan berdirilah tegak, mencari inspirasi dari kesulitan kita.

  1. Jangan menyerah, karena setelah kesulitan pasti datang kemudahan
When-You-Want-to-Give-Up-6
Jangan Menyerah (4.bp.)

Seandainya Rowling menyerah setelah ditolak oleh penerbit yang ke-8, mungkin dia masih dalam state terpuruknya, tidak berubah. Bahkan setelah dia berhasil membuat buku Harry Potter pertama hidupnya tidak berlangsung menjadi mudah, baru penerbit ke 9 yang akhirnya menawarkan untuk menerbitkan buku Harry Potter tersebut. Kepantang menyerahan Rowling lah yang membuat Harry Potter mendunia dan dia berhasil menjadi salah satu penulis terkaya di dunia dan terkenang sepanjang masa.

Dari berbagai macam kesulitan yang kita hadapi, akan selalu ada celah bagi kemudahan untuk masuk, karena perjuangan kita pasti terbayarkan. Perjuangan dengan sepenuh hati dan melakukan yang terbaik, serta pantang menyerah selalu akan membuahkan hasil yang manis.