Mahasiswa ITS dan UI Mengharumkan Indonesia di Kontes RoboBoat Dunia

Tim mahasiswa dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan UI (Universitas Indonesia) berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam ajang RoboBoat internasional tahun 2016 di Virginia, Amerika Serikat.

Dalam ajang yang dilakukan pada 4-10 Juli ini tim ITS berhasil meraih peringkat ketiga dan tim UI berhasil meraih peringkat kelima, menyisihkan para pesaing dari berbagai universitas di seluruh dunia. Berikut ini daftar pemenang Internasional RoboBoat Competition 2016:

  1. Georgia Institute of Technology, AS
  2. Florida Atlantic University, AS
  3. Institut Teknologi Sepuluh November, Indonesia
  4. Daytona Beach Homeschoolers, AS
  5. Universitas Indonesia, Indonesia
  6. University of Michigan, AS
  7. University of Ulsan, Korea Selatan
  8. Embry-Riddle Aeronautical University, AS
roboboat its
Tim Barunastra ITS (barunastra)

Tim AMV UI (amvui)
Kontes RoboBoat Internasional

International RoboBoat Competition merupakan kontes robot kapal yang diadakan oleh Association for Unmanned Vehicle Systems International (AUVSI). Kontes ini mengharuskan setiap tim mendesain kapal robot otonom (tak berawak) untuk berlayar melalui banyak rintangan. Perilaku yang ditunjukkan oleh perahu ini meniru tugas yang sedang dikembangkan untuk pengawasan pesisir, keamanan pelabuhan dan jenis lain dari operasi oseanografi.

Kompetisi ini sudah diselenggarakan ke-9 kalinya tahun ini dan menjadi ajang bergengsi dalam riset perkapalan yang diikuti oleh beberapa negara di dunia.

Kompetisi terdiri atas dua tahap penilaian, yaitu static judging dan performance robot. Tahap static judging terdiri dari beberapa aspek yaitu academic writing, kualitas materi di paper, fisik dari Unmanned Surface Vehicle (USV), video team, website, social media, techical academic oral presentation, inpeksi robot dan team interview. Sedangkan pada tahap performa robot, setiap tim menunjukkan kemampuan program robot di lapangan.

RoboBoat Competition (auvsi)
Nala Evo Mark II, RoboBoat Tim ITS

“Kami bersyukur karena prestasi yang kami raih ini, yang telah sesuai dengan target kami untuk dapat masuk tiga besar dalam kompetisi ini,” ujar Darwin Setyawan, ketua tim Barunastra ITS.

Keberhasilan tim Barunastra menyabet penghargaan tak lepas dari desain kapal yang dilombakan, yakni desain lambung kapal dengan panjang 110 cm, lebar 50 cm dan tinggi lambung 14 cm dengan berat 10 kg tersebut menggunakan jenis catamaran, dengan keunggulan stabilitas dan tahanan yang kecil serta manuver yang lincah.

Nala Evo Mark II

Selain itu, di bagian sistem elektronik kapal menggunakan teknologi Android smartphone sebagai sensor image processing dan GPS, lalu kontrol utama menggunakan microcontroller STM34F4. Ditambah sensor jarak Ultrasonic SRF04 dan sensor hydrophone untuk mendeteksi frekuensi bawah air. Dengan keseluruhan sistem elektronik kami yang lebih kompleks dan kecepatan proses data yang cepat, kapal pun dapat melaju dengan cepat dan tepat.

Makara, RoboBoat Tim UI
Makara 5 (amvui)

Keberhasilan tim UI yang tidak lepas dari kehandalan kapal mereka. Dengan desain multihull trimaran berdimensi 120 cm x 60 cm x 120 cm dan terbuat dari material roping dan fiber komposit untuk bagian badan kapal, kapal ini memiliki banyak keunggulan dalam segi stabilitas dan manuver.

Kapal ini juga dilengkapi dengan sejumlah komponen, seperti baterai, pengontrol kecepatan, GPS, Wi-Fi, converter, kamera, fan, dan controller. Kapal ini berhasil melalui empat misi, yakni melewati gerbang yang telah ditentukan panitia, lalu melaju di lintasan yang disediakan menggunakan image processing, docking, dan mencari lokasi pemancar sinyal.

Prestasi membanggakan ini lagi-lagi menunjukkan bahwasanya pemuda Indonesia mampu bersaing dan memenangkan kontes tingkat dunia, setelah sebelumnya Mahasiswa Indonesia dari UPI berhasil meraih Juara Dunia Balap Mobil Hemat Energi. Semoga prestasi ini dapat memicu semangat kawan-kawan semua untuk terus berkarya.

Bacaan lebih lanjut: Barunastra ITS, AMV UI

Fajrul Falah

Sedang belajar fisika di Universitas Diponegoro. Suka membaca dan menulis.