Mari Bermain Zeroic, Permainan Kartu Sederhana Yang Melatih Kemampuan Aritmatika Anak

Apa yang terpikirkan di benak kita ketika mendengar kata inovasi? Sebagaian besar dari kita akan secara spontan memikirkan gadget canggih atau teknologi mahal. Padahal inovasi tidak hanya merujuk pada hal seperti itu, tetapi pada lingkup yang lebih luas. Hal tersebut dimulai dari hal sederhana di kehidupan sehari-hari, pendidikan, dan banyak lagi lainnya.

Salah satu bidang yang langka inovasinya adalah matematika. Mengingat bidang ini bagi sebagian besar orang terlihat rumit dan membosankan, seharusnya banyak inovasi yang dilakukan untuk membuat bidang ini lebih menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu matematikawan terus berjuang membuat inovasi agar belajar matematika lebih menarik. Berikut ini adalah satu inovasi menarik tersebut, sebuah permainan kartu sederhana bernama Zeroic.

Apa itu Zeroic?

Zeroic adalah permainan kartu sederhana yang dapat melatih kemampuan anak dalam aritmatika dasar (penjumlahan dan pengurangan) dengan menyenangkan. Permainan ini merupakan inovasi sederhana yang dibuat oleh Bapak Hendra Gunawan, guru besar FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kartu Zeroic
Kartu Zeroic (facebook)

Secara khusus permainan ini diditujukan untuk anak usia 6-8 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk dimainkan oleh anak yang lebih besar karena keasyikannya.

Bagaimana Cara Memainkan Zeroic?

Permainan Zeroic terdiri dari satu pak kartu yang berisi 36 kartu, yang terdiri dari empat buah warna: merah, kuning, hijau, dan biru. Setiap warna terdiri dari kartu bergambar empat bulatan putih, tiga bulatan putih, dua bulatan putih, satu bulatan putih, satu kartu kosong, satu bulatan hitam, dua bulatan hitam, tiga bulatan hitam, dan empat bulatan hitam.

Kartu biru (Zeroic)

Permainan ini dimainkan minimal oleh 2 orang. Untuk memainkannya, kartu dikocok terlebih dahulu, lalu dibagikan kepada masing-masing pemain sebanyak empat buah kartu. Di sinilah inti dari permainan Zeroic, pemain harus mendapatkan kombinasi dari empat kartu tersebut yang hasilnya nol (dengan bulatan hitam menunjukkan penambahan dan bulatan putih menunjukkan pengurangan) seperti berikut:

Kombinasi Zeroic (zeroic)

Ketika salah satu pemain mendapatkan kombinasi yang hasilnya nol, saatnya ia berteriak: “Zeroic!” dan ia telah memenangkan permainan.

1. Jika pemain yang mendapatkan kombinasi nol ada lebih dari satu, maka pemenangnya adalah yang mempunyai kombinasi nol yang paling bagus.

2. Jika di putaran pertama belum ada pemain yang mendapatkan kombinasi dengan hasil nol, maka semua pemain harus mengambil satu kartu dari tumpukan.

3. Jika ada pemain menemukan kombinasi 4 kartu (dari 5 kartu) yang menghasilkan nol, ia menjadi pemenang.

4. Jika tidak, tiap pemain harus membuang salah satu kartunya, dan mengambil kartu baru lagi dari tumpukan.

5. Jika kartu di tumpukan habis sementara belum ada yang memenangkan permainan, kartu yang diambil adalah kartu yang tadi dibuang oleh tiap-tiap pemain.

6. Begitu seterusnya sampai ada pemenangnya. Sungguh mengasyikkan!

Demikianlah sebuah inovasi sederhana berupa permainan kartu yang selain asyik dimainkan juga bermanfaat untuk melatih kemampuan aritmatika dasar anak. Untuk info selengkapnya bisa dilihat di web permainan Zeroic.

Inovasi tidak harus berupa sesuatu yang besar dan rumit bukan?? Inovasi adalah wujud tulus sumbangsih pikiran kita untuk memberikan manfaat ke masyarakat luas. Semoga dapat bermanfaat.