Polymagnet, Revolusi Magnet Pintar Untuk Masa Depan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat sering menemui magnet, mulai dari gantungan kulkas, mainan, alat elektronik, generator listrik, sampai pada sistem transportasi modern berbasis magnetic levitation. Dari semua jenis magnet yang kita temui tersebut, kita telah mengerti dengan baik bahwa magnet memiliki dua jenis kutub: utara dan selatan, satu sisi magnet untuk kutub utara dan sisi lainnya untuk kutub selatan.

Magnet pada dasarnya adalah benda yang sangat menarik, terutama kaitannya dengan sifat tarik-menariknya atau tolak-menolaknya. Namun, pernahkah kita memikirkan sebuah inovasi dan terobosan keren baru yang berkaitan dengan magnet?

Beberapa waktu lalu, CMR (Correlated Magnetic Research) telah menghasilkan sebuah terobosan baru dalam bidang magnet sebagai hasil dari riset yang telah mereka lakukan, sebuah produk revolusioner bernama polymagnet.

Polymagnet, Magnet Berkutub Banyak

Polymagnet adalah magnet yang didesain secara spesial untuk memiliki sifat yang melebihi magnet biasa. Pada sebuah magnet biasa, sederhananya sebuah permukaan terdiri dari satu kutub magnet dan kutub lain di permukaan lainnya. Namun tidak demikian untuk polymagnet, yang pada permukaannya terdapat banyak kutub magnet, bukan hanya satu.

Karena ada banyak kutub utara dan selatan pada satu permukaan, medan magnet melintasi ruang yang kecil di sekitar permukaan, tidak melalui ruang besar dari satu permukaan ke permukaan lain (seperti pada magnet biasa).

Garis medan magnet biasa dan polymagnet (InterestingEngineering)

Hasil dari kondisi medan magnet ini sungguh mengagumkan, lebih lagi karena pada polymagnet pola magnetnya dapat dimanipulasi untuk menghasilkan pola tertentu sesuai yang diinginkan.

Pola kutub magnet biasa dan polymagnet
Pola kutub magnet pada magnet biasa dan polymagnet (SmarterEveryDay)

Salah satu hasil dari konfigurasi polymagnet dapat menghasilkan sebuah kondisi yang dinamakan spring, yaitu ketika dua buah magnet tarik-menarik, tetapi tidak bisa menempel ketika keduanya sudah dekat. Baru ketika salah satu magnet diputar, keduanya akan saling menempel dengan sangat kuat. Untuk melepasnya pun demikian, salah satu magnet diputar, dan hubungan magnet itu terbuka dengan mudah.

Spring (polymagnet)

Pembuatan Polymagnet

Pembuatan polymagnet dilakukan oleh semacam printer yang akan mencetak magnetic pixel (maxel) pada sebuah magnet biasa untuk membentuk pola magnet baru sesuai yang diinginkan. Yang hebat dari alat ini adalah bahwa pengerjaan polymagnet dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat, hanya dalam hitungan menit saja. Selain itu, karena mesin printer polymagnet ini dapat mencetak pola magnet sesuai desain yang dibuat, polymagnet ini terkadang juga disebut dengan printable magnet.

Ilustrasi magnetic pixel (3ders)

Potensi Pengembangan

Dengan terobosan baru pada polymagnet, terutama kaitannya dengan medan magnet yang dapat didesain, polymagnet memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang industri. Mulai dari penghubung yang lebih kuat, gaya tarik ke lempeng yang lebih kuat, pengaturan device yang sensitif terhadap posisi, pengembangan kendaraan, dan masih banyak lagi.

Untuk pengetahuan lebih lengkap mengenai polymagnet, silahkan simak video penjelasan pada channel video CMR di sini, atau simak penjelasan singkat berikut

 Adapun untuk produk polymagnet selengkapnya bisa dilihat di situs web polymagnet.