Rafi Ridwan, Fashion Designer Termuda Indonesia penyandang Tunarungu : Keterbatasan Tidak Pernah Membatasi Kreativitas

Mempunyai keterbatasan bukan berarti membatasi kreativitas kita. Rafi Ridwan, seorang anak yang mempunyai disabilitas tunarungu membuktikan bahwa dunia belum berakhir karena suatu keterbatasan, justru dia mampu membuat bangga Indonesia di umurnya yang baru menginjak 13 tahun. Mari kita berkenalan dengan Rafi Ridwan, seorang desainer tunarungu termuda Indonesia.

Rafi Ridwan dan Ibunya, Sinta
Rafi Ridwan dan Ibunya, Sinta (kapanlagi.com)

Rafi sejak lahir tidak bisa mendengar akan tetapi memiliki kemampuan visual yang sangat baik. Sinta, Ibu Rafi mengungkapkan bahwa bakat Rafi sudah terlihat semenjak umur 2 tahun. Di usia yang masih terbilang sangat muda yaitu 7 sampai 9 tahun Rafi sudah mendesain T-Shirt dan karyanya sangat diminati. Menarik sekali bukan?

Karya yang Mendunia

Karya Rafi sudah dinikmati di berbagai Fashion Show di tahun 2012, seperti Jakarta Fashion Week dan Festival Indonesia Melbourne di 6 kota di Australia.

Karya Rafi di Jakarta Fashion Week 2012
Karya Rafi di Jakarta Fashion Week 2012 (liputan6.com)

Tyra Banks model internasional dan penggawa America’s Next Top Model juga secara khusus meminta Rafi untuk menyiapkan rancangan baju untuk acara America’s Next  Top Model cycle 20 tahun 2013 silam. Rafi terus berkarya, setiap tahunnya karyanya pasti masuk dalam sebuah acara Fashion Week. Seperti di tahun 2014, karyanya menjadi salah satu magnet di Mercedes-Benz Stylo Asia Fashion Week 2014 di Malaysia.

Surat Terimakasih dari Tyra untuk Rafi
Surat Terimakasih dari Tyra untuk Rafi (rafiridwan.com)

Usianya yang masih terbilang muda membuat banyak kalangan berdecak kagum akan hasil karyanya. Meskipun Rafi seorang penyandang tunarungu karyanya yang gemilang memang patut diacungi jempol. Semangat melawan keterbatasan dan berani untuk bermimpi membuat Rafi benar – benar patut kita contoh, menginspirasi banyak orang yang tidak punya keterbatasan dan hidup normal untuk berkembang menjadi yang lebih baik lagi dan berani mengejar impiannya.

Berbagai Pencapaian Luar Biasa Rafi Ridwan

Di tahun 2016 ini, selain karyanya yang masih terus wara wiri di berbagai event, ada hal yang membuat Indonesia bisa berbangga memiliki seorang Rafi Ridwan. Pasalnya Rafi mendesain baju untuk Michelle Obama, first lady, dari kain tenun Indonesia. Selain membanggakan Indonesia, tentunya Rafi juga tidak lupa mempromosikan Indonesia yang memiliki beraneka ragam kain, salah satunya kain tenun. Hasil karya desain baju untuk Michelle Obama diberikan lewat utusan Gedung Putih yang datang ke Indonesia. Luar biasa bukan  seorang anak laki – laki 13 tahun itu dapat berkarya secara internasional, tidak salah jika MURI memberi penghargaan pada Rafi yaitu Fashion Desainer Tuna Rungu Termuda dan Berprestasi Internasional di MURI ke-26.

Penghargaan Fashion Designer Tunarungu Termuda untuk Rafi Ridwan dari MURI
Penghargaan Fashion Designer Tunarungu Termuda untuk Rafi Ridwan dari MURI (kapanlagi.com)

Sinta pun tidak kalah bangga dengan anaknya. Rafi yang terkena virus rubella pada saat masih janin membuat Sinta harus memilih meneruskan atau mengarbosi janin tersebut. Ternyata seorang anak yang luar biasa tumbuh karena keyakinan Sinta untuk mempertahankan janin tersebut.

Saya berjanji pada diri saya, apapun yang terjadi pada Rafi, saya akan mendukung dia. Ibu Rafi (Sinta).

Karena keputusan itu lah sekarang Indonesia mempunyai seorang desainer termuda yang mempunyai klien rata – rata dari luar negeri ini. Rafi Ridwan pun tidak lupa berbagi, anak yang berbakat ini juga memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, dia meminta seluruh pengerjaan desainnya pada projek Festival Indonesia Melbourne tidak lagi menggunakan jasa tukang jahit biasa, tapi diberikan kepada sesama penyandang disabilitas yang mempunyai keahlian menjahit.

Suatu bukti sebuah keterbatasan tidak pernah membatasi kita untuk berani bermimpi dan mewujudkan nya dalam sebuah karya. Jadi masih ragu untuk bermimpi dan berkarya?