Seberapa Bersih Udara Jakarta Saat Libur Lebaran Kemarin?

Pembahasan mengenai udara jakarta sangatlah menarik. Jakarta sangatlah lekat dengan udara yang kotor karena banyaknya polusi. Tetapi beberapa waktu yang lalu kita dibuat kagum dengan foto viral rangkaian panorama langit Jakarta ketika libur lebaran. Foto yang diunggah oleh Amadus Pribowo ini mendapat banyak respon dari netizen. Sampai tulisan ini dibuat, unggahan foto tersebut telah dibagikan lebih dari 8.2k kali.

Jakarta

Muncul berbagai respon terhadap foto tersebut. Beberapa dibuat kagum dengan keindahannya, beberapa lagi menyangsikan bahwa foto tersebut tidak menjelaskan banyak hal…

…karena bisa saja foto itu diambil tidak pada jam yang sama, cuacanya berbeda, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk mengetahui kebenarannya, mari kita lihat datanya.

Kondisi Cuaca

Berdasarkan keterangan dari Amadeus, foto tersebut diambil pada waktu yang sama di antara pukul 07.00-08.00 WIB.

Mari kita lihat data cuacanya:

cuaca

Dengan menggunakan data dari Time and Date di atas (fokus di bagian abu-abu), terlihat bahwasanya ada perbedaan cuaca pada keempat hari tersebut. Terutama pada tanggal 24 Juni, yang cukup mendung dan posisi awan cukup rendah.

Data di atas sebenarnya tidak bisa menjelaskan dengan pasti kondisi yang ada di foto, karena data yang ada pada pukul 06.00 sementara foto diambil pukul 07.00-08.00. Kemudian, data tersebut merupakan data umum di Jakarta, bukan khusus di Jakarta Selatan–tempat pengambilan foto.

Namun demikian, data tersebut sudah dapat kita gunakan sebagai gambaran umum.

Berdasarkan data tersebut, maka kita tidak bisa menarik kesimpulan dari foto di atas bahwa udara Jakarta lebih bersih saat lebaran kemarin. Karena ada perbedaan cuaca, dan perbedaan itu sangat mempengaruhi kondisi awan, kelembaban, dan tentu saja jarak pandang.

Air Quality Index

Air Quality Index (AQI) adalah indeks yang melaporkan kualitas udara harian. AQI menunjukkan seberapa bersih atau tercemar suatu udara dan apa efek yang mungkin timbul dari keadaan tersebut. AQI digunakan sebagai parameter untuk melaporkan lima gas pencemar yang umum yaitu ozon, pertikulat, CO, SO2 dan NO2.

Kita akan memakai data AQI ini. Data ini bisa kita dapatkan dari data Airnow milik pemerintah Amerika Serikat…

…karena kebetulan alatnya dipasang di Kedubes AS di Jakarta Selatan (tempat yang sama dengan foto di atas), dan terlebih lagi data ini memang bisa diakses publik.

AQI1

Berdasarkan data tersebut, jelas terlihat bahwa benar, pada tanggal 26 dan 27 Juni kemarin kondisi udara di Jakarta sangat baik.

Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai AQI, pada tanggal 26 bernilai 20, pada tanggal 27 bernilai 10. Bahkan, nilai ini merupakan nilai terbaik yang pernah tercatat.

Jadi, walaupun cuaca pada saat foto diambil berbeda-beda, dari data ini kita dapat menyimpulkan bahwa benar, kondisi udara Jakarta lebih bersih saat libur lebaran kemarin.

Pembahasan yang lebih lengkap: saintif

Fajrul Falah

Amateur physicist and science writer