TOP 15 Startup Negeri China yang Sukses Mendapatkan Pendanaan Melebihi $460 juta dollar

Fakta Mengejutkan Seputar China

Pertumbuhan perekonomian dan bisnis di China beberapa tahun terakhir melonjak naik. Selain infrastruktur yang memadai ternyata dukungan dari pemerintah sangatlah besar di sana. Di sisi startup pun China sangat getol mendongkrak pertumbuhannya. Ini menjadi trend positif di negara tirai bambu tersebut.

Dalam hal sumber daya manusia, negara china sekarang memiliki banyak profesor ahli dan superkomputer yang masuk jajaran top level dunia. Banyaknya jumlah penduduk yang menduduki peringkat satu dunia (1,36 milyar jiwa) menjadikan China negara yang mempunyai lahan perekonomian yang subur saat ditunjang oleh internet. Tak diragukan lagi perkembangan startup di sana juga sangat tinggi.

Chinas-tech-investments-reach-record-high-of-36-billion-in-2015-chart-1
Kenaikan pendanaan startup yang mengejutkan di tahun 2015. sumber: techinasia.com

Dilansir dari techinasia.com, pada tahun 2015 pendanaan untuk startup di negara China mencapai rekor tertinggi di dunia. Di mana pendanaannya mencapai $36 milyar USD. Pada tahun 2015 terjadi lonjakan yang sangat signifikan.

Angka yang fantastis untuk pendanaan sebuah startup agar tumbuh menjadi perusahaan unicorn. Tren startup yang sedang naik daun di China meliputi bidang hardware, E-commerce, kesehatan, marketplace, transportasi, logistics, makanan, travel, finansial, musik dan entertaiment.

Berikut top 15 startup China yang mendapatkan pendanaan melebihi $460 juta dollar:

TOP 15 Startup Negeri China
TOP 15 Startup Negeri China. Sumber: techinasia.com

Percepatan pertumbuhan startup di suatu negara sangat ditentukan oleh dukungan dari pemerintah negara tersebut. Terbukti beberapa startup China di atas tidak perlu waktu lama untuk menjadi perusahaan skala international yang mempunyai dampak besar di kawasan bisnis asia. Semoga iklim inovasi di Indonesia terus meningkat dan dukungan dari pemerintah mulai menguat. Salam Penggagas.

Arif Sony Wibowo

Pemuda ini penggemar olahraga "hiking" dan "swimming". Pengguna nama pena "Silverclimbers". Dia memiliki background sebagai seorang ahli kimia dan menyelesaikan kuliahnya di Universitas Diponegoro. Bidang yang diminati "nanotechnology".