ASIA’S UNICORNS: 20 Perusahaan Startup Asia Senilai 1 Milyar Dollar

Jika berbicara startup sukses kita pasti menerawang jauh ke belakang. Siapa sih yang menjadi investor ide gila ini sehingga menjadi sekeren ini? Tidak menampik kemungkinan bahwa salah satu turbo boost yang mendongkrak kecepatan pertumbuhan startup adalah  investor.

Itu juga salah satu alasan startup mencari fundrising. Tapi hal yang perlu diingat, point utama bisa tumbuh adalah adanya market yang menjanjikan dan telah tervalidasi. Investor atau sering dikenal dengan nama venture capital memiliki pemetakan mendalam tentang startup yang akan mereka danai.

Para advisor dan pemilik dana venture capital ini biasanya otak bisnisnya andal dan indera penciuman terhadap segmentasi marketnya sangat tajam. Bisa dibilang startup pilihan venture capital adalah jenis bisnis yang menjanjikan untuk berkembang pada 5 tahun mendatang. Venture capital biasanya memberi suntikan dana secara bertahap dengan nominal yang selalu naik. Pendanaan seri A, B, C, D, E, dst.

Startup yang mendapat suntikan dana dari investor ini biasanya berkembang lebih cepat. Di tingkat asia perkembangan startup ini diukur dari estimasi nilai sebuah startup. Startup yang berhasil bertahan melewati rentang 3-5 tahun dengan pertumbuhan yang selalu naik akan diberi gelar unicorns. Apa itu unicorns? Unicorns adalah gelar bagi startup yang nilai valutasinya mencapai 1 milyar dolar.

A Unicorn is a start-up company valued at over $1 billion

Berikut beberapa startup di kawasan asia yang mencapai gelar ASIA’S STARTUP UNICORNS:

Perusahaan Startup Asia Senilai 1 Milyar Dollar
Perusahaan Startup Asia Senilai 1 Milyar Dollar. Sumber: techinasia.com

Kamu tahu startup Indonesia bernama TRAVELOKA? awal tahun ini nilai valutasinya mencapai $ 1 billion USD. Traveloka adalah startup pertama dari Indonesia yang mendapatkan gelar unicorns. Traveloka menangani bisnis reservasi tiket online untuk penerbangan dalam dan luar negeri. Traveloka juga melebarkan bisnisnya dalam bidang reservasi penginapan hotel di berbagai negara di asia.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang startup. Beridelah, berinovasilah, jadilah penggagas yang membawa kebermanfaatan bagi banyak orang. Salam Penggagas.